Manfaat Telur

Telur terdiri dari 3 bagian, cangkang telur, putih telur, dan kuning telur. Seluruh bagian ini dapat dimanfaat oleh manusia. Misalnya cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan. Manfaat putih telur biasanya dijadikan adonan pasta kue dicampur dengan gula. Manfaat telur bagi kesehatan antara lain:

Merawat Mata

Dalam sebuah studi yang luncurkan pada Jurnal Of Nutrition menyatakan bila kandungan karotenoid dalam telur sangat besar. Karotenoid dalam telur adalah lutein dan zeaxanthin yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi resiko penyebab AMD ( agerelated macular degeneration ). Kuning telur merupakan bagian yang paling banyak mengandung karotenoid.

Sumber Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia, sakit kepala, mual, stress dan cepat stress. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sirkulasi darah karena berfungsi untuk mengangkut oksigen mengedarkannya dalam tubuh. Peranan yang bisa dimanfaatkan oleh zat besi adalah daya tahan tubuh meningkat, metabolisme energi dan berbagai fungsi vital lainnya. Zat besi yang terkandung dalam kuning telur dapat engan mudah di cerna oleh tubuh manusia sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, suplemen makanan juga banyak dibuat dari kuning telur.

Sumber Vitamin

Kandungan vitamin dalam telur sangat tinggi, bila dikonsumsi secara teratur setiap hari tubuh manusia tidak akan akan kekurangan vitamin. Seseorang yang tidak mengkonsumsi telur akan kekurangan vitamin A,E dan B12.

Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Manfaat telur ternyata dapat mengurangi atau mencegah pengentalan darah dalam pembuluh tubuh manusia terutama jantung. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi di Biological and Pharmaceutical Bulletin bila kuning telur mengandung banyak zat yang berpotnsi untuk menghambat penggumpalan darah tetapi memperpanjang waktu pengubahan fibrinogen, protein darah, dan menjadi benang fibrin. Fungsi ini tergantung sebanyak apa manusia mengkonsumsi telur, semakin banyak mengkonsumsi maka efek pencegah pengentalan darah juga semakin kuat.

Menurunkan Obesitas

Ada sebuah penelitian yang melibatkan 160 orang laki – laki dan perempuan dimana semuanya adalah pengidap obesitas. Dibagi menjadi 2 buah kelompok yang satu mengkonsumsi telur dan satunya lagi menkonsumsi roti bagel dalam jumla protein yang sama. 8 Minggu setelah diberikan diet tersebut dapat ditarik kesimpulan bila yang mengkonsumsi telur turun berat badan dua kali lipat ketimbang yang makan roti.

Mengatasi Jerawat

Manfaat Putih telur karena mengandung banyak asam amino dan protein yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat. Caranya dengan membuat masker dari putih telur lalu diusapkan pada wajah. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

Telur akan mencegah kanker payudara .
Studi menunjukkan wanita yg makan telor sedikitnya 6 butir / minggu , mengurangi resiko terkena kanker payudara sebesar 44%.

Telur membantu kesehatan rambut dan kuku
Telur mengandung Shulfur yg tinggi dan bermacam vitamin serta mineral. Byk org menyadari bhw rambut mereka tumbuh lebih cepat stlah makan telor, khususnya bila makanan mereka sblmnya kekurangan Shulfur / Vit B1.

Sumber:
http://yukidaniswara.blogspot.com/2012/12/manfaat-telur-putih-telur-dan-kuning.html

10 Khasiat Telur


http://herbaten.com/ (Toko Herbal Berkualitas Harga Murah)

Leave a comment